KEHIDUPAN DI ALAM KUBUR PARA NABI

Diriwayatkan dari Anas bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: Para Nabi hidup di kuburannya, mereka melakukan salat. (HR al-Baihaqi dalam Hayat al-Anbiya' fi Quburihim I/72 dan Abu Ya'la No 3425) 
Terkait status hadis ini para ulama ahli hadis menilai sahih, seperti al-Hafidz Ibnu Hajar.

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اْلأَنْبِيَاءُ أَحْيَاءٌ فِى قُبُوْرِهِمْ يُصَلُّوْنَ


Para Syuhada’ :
Khusus kehidupan orang yang mati dalam peperangan membela agama Allah, dijelaskan dalam al-Quran sebanyak 2 kali: “Dan janganlah kamu mengatakan terhadap orang-orang yang gugur di jalan Allah, (bahwa mereka itu) mati; bahkan (sebenarnya) mereka itu hidup, tetapi kamu tidak menyadarinya”. (Al-Baqarah:154) “Janganlah kamu mengira bahwa orang-orang yang gugur di jalan Allah itu mati; bahkan mereka itu hidup di sisi Tuhannya dengan mendapat rezki”. (Ali Imran 169). 

Kaum Muslimin :

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم أَنَّهُ قَالَ : الْمُؤْمِنُ فِي قَبْرِهِ فِي رَوْضَةٍ وَيُرَحَّبُ لَهُ قَبْرُهُ سَبْعِينَ ذِرَاعًا وَيُنَوَّرُ لَهُ كَالْقَمَرِ لَيْلَةَ الْبَدْرِ (رواه احمد وابن حبان وابو يعلى)


“Diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Orang beriman di dalam kuburnya berada di sebuah taman, dan kuburnya diluaskan 70 hasta dan kuburnya disinari seperti rembulan di malam purnama” (HR Ahmad, Ibnu Hibban dan Abu Ya’la. Al-Hafidz al-Haitsami menilainya hasan)

إِذَا وَلَّي أَحَدُكُمْ أَخَاهُ فَلْيُحْسِنْ كَفَنَهُ فَإِنَّهُمْ يُبْعَثُوْنَ فِي أَكْفَانِهِمْ وَيَتَزَاوَرُوْنَ فِي أَكْفَانِهِمْ . (سمويه عق خط) عن أنس . تحقيق الألباني (صحيح) انظر حديث رقم : ٨٤٥ في صحيح الجامع .


Hadis: “Jika diantara kalian mengurus jenazah saudaranya maka bagus-kanlah kain kafannya. Sebab mereka akan dibangkitkan dengan kafannya dan akan saling berkunjung dengan kain kafannya”. (HR al-Uqaili dan al-Khatib. Albani: Sahih). 

Ulil Albab Djalaluddin 
Alumni Al falah Ploso Kediri

Posting Komentar

Selamat datang di Blog Dalil Aswaja An Nahdliyah, silahkan beri komentar di Postingan ini, berkomentarlah dengan sopan dan sesuai isi Postingan. Terimaksih
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.